BPKN Buka Posko Pengaduan di TSM Cibubur Menyambut HARKONAS 2024

Sumber : Klik disini

RadarOnline.id, JAKARTA – Berdasarkan Keputusan Presiden Nomer 13 Tahun 2012 Tentang Hari Konsumen Nasional, setiap tanggal 20 April telah ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional (HARKONAS). Peringatan Harkonas digelar sebagai momentum untuk meningkatkan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen serta nasionalisme yang tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri.

Selain itu juga dapat menjadi pendorong kepada masyarakat dalam membangun gerakan konsumen cerdas dan memperkuat keinginan dari pemerintah untuk mengembangkan upaya perlindungan konsumen. Menyambut Harkonas tersebut, berbagai kegiatan digelar dan tak ketinggalan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) juga membuka Posko Pengaduan Konsumen di Trans Studio Mall (TSM) Cibubur, Depok Jawa Barat.

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional M. Mufti Mubarok menyampaikan rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa bincang di berbagai radio, pengecekan transportasi umum seperti kereta api di Stasiun Pasar Senen dan penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, serta Festival HARKONAS yang digelar di TSM 18-21 April 2024.

“BPKN akan membuka klinik Pengaduan dan Edukasi Perlindungan Konsumen di Trans Studio Mall Cibubur,” terang Mufti. Karenanya Mufti berharap, konsumen bisa memanfaatkan momentum ini untuk datang ke TSM Cibubur bilamana ada pengaduan akan produk atau jasa yang dianggap merugikan konsumen dan ingin disampaikan ke BPKN. Di tempat yang sama BPKN juga menggelar Talk Show bertema Perlindungan Konsumen di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pada 2024 ini, HARKONAS mengusung tema “Menuju Indonesia Emas”, dengan sub tema “Konsumen Cerdas, Kritis Bertransaksi”. Ini menandai komitmen untuk memajukan Indonesia ke arah kejayaan ekonomi yang berkelanjutan dan pentingnya peran konsumen yang cerdas dalam memilih produk dan jasa, serta kritis dalam bertransaksi. Di tengah perkembangan teknologi dan pasar yang dinamis, konsumen yang cerdas dan kritis memiliki peran strategis dalam mendorong inovasi, kualitas produk, dan layanan yang lebih baik.

Sementara itu, Heru Sutadi selaku Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi menambahkan di tengah perubahan teknologi dan dinamika pasar, konsumen harus diberdayakan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat. Maka dari itu, dalam peringatan Hari Konsumen Nasional tahun ini BPKN juga tidak henti untuk mengedukasi konsumen untuk meningkatkan kesadaran akan hak-hak konsumen agar menjadi konsumen yang bermartabat serta mendorong pelaku usaha yang adil dan bertanggung jawab.

“Dalam rangka mencapai Indonesia Emas, peran konsumen dalam ikut memajukan ekonomi bangsa tentu tidak dapat dianggap remeh. Karena itu, mari kita bersama-sama mewujudkan konsumen yang cerdas, kritis, dan berdaya serta menjadi agen perubahan dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi kita semua,” pungkas Heru.