ba
  • Home
  • Berita Foto
  • RAPAT TINDAK LANJUT OPTIMALISASI POTENSI KONSUMEN DI ERA EKONOMI DIGITAL BERSAMA KEMENPAREKRAF

RAPAT TINDAK LANJUT OPTIMALISASI POTENSI KONSUMEN DI ERA EKONOMI DIGITAL BERSAMA KEMENPAREKRAF

RAPAT TINDAK LANJUT OPTIMALISASI POTENSI KONSUMEN DI ERA EKONOMI DIGITAL BERSAMA KEMENPAREKRAF

Jakarta, 15 Januari 2020 - Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional  (BPKN) Ardiansyah Parman didampingi  para komisoner BPKN menghadiri undangan rapat tindak lanjut bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang disambut baik oleh Hengki Manurung selaku Asisten Deputi Investasi bersama jajaran pimpinan lainnya yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 1, Gedung Kimia, Kementerian Pariwisata Jakarta.

RAPAT TINDAK LANJUT OPTIMALISASI POTENSI KONSUMEN DI ERA EKONOMI DIGITAL BERSAMA KEMENPAREKRAF

Rapat tindak lanjut ini membahas optimalisasi potensi konsumen di era ekonomi digital yang diawali dengan penjelasan singkat sekilas tentang BPKN dan berbagai aktivitasnya.

Ardiansyah Parman, menjelaskan,"Kami dari BPKN mengucapkan terima kasih atas respon yang sangat cepat dari Kemenparekraf terkait rekomendasi ekonomi digital.

Di era digital ini perubahan sangat cepat, perlindungan konsumen tidak lagi berbicara bukan hanya cakupan konsumen dalam negeri saja tetapi  konsumen barang/jasa baik dalam negeri maupun luar negeri, yang menjadi sorot perhatian".

RAPAT TINDAK LANJUT OPTIMALISASI POTENSI KONSUMEN DI ERA EKONOMI DIGITAL BERSAMA KEMENPAREKRAF

Lanjut Ardiansyah menambahkan, "Kaitan perlindungan konsumen dengan pertumbuhan menjadi hal yang tidak bisa  dipisahkan, ada 7 wilayah perhatian perlindungan konsumen yang dicermati BPKN, yaitu air (sebagai sumber kehidupan), energi, pendidikan dan kesehatan, pangan dan produk halal, data dan informasi, perumahan, serta jasa keuangan. Dimana dari kesemuanya itu bentuk perlindungan konsumen sebagai upaya yang menjamin kepastian hukum dan memberikan akses pemulihan hak- hak konsumen sehingga ini menjadi harapan  bersama yaitu pemerintah, pelaku usaha, dan konsumen agar tercipta confidence to transact terus terjaga agar pertumbuhan ekonomi kita semakin maju".

RAPAT TINDAK LANJUT OPTIMALISASI POTENSI KONSUMEN DI ERA EKONOMI DIGITAL BERSAMA KEMENPAREKRAF

Dari hasil rapat tindak lanjut tersebut dihasilkan suatu ide bersama dengan beberapa ruang lingkup pembentukan tim kecil working group yang fokus pada sektor pariwisata, sinergitas sistem pengaduan dan penyelesaian sengketa wisatawan lokal  dan mancanegara khususnya di daerah - daerah serta sosialisasi dan edukasi wisatawan lokal ataupun mancanegara.