• Home
  • Berita Foto
  • KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM RANGKA HARKONAS DI UNIVERSITAS INDONESIA

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM RANGKA HARKONAS DI UNIVERSITAS INDONESIA

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM RANGKA HARKONAS DI UNIVERSITAS INDONESIA

Depok, 26 Februari 2020, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)  menggelar edukasi perlindungan konsumen.  Dalam rangka memeriahkan HARKONAS, BPKN dan Kementerian Perdagangan dalam hal ini Direktorat Jendral PKTN Kementerian Perdagangan akan melaksanakan kegiatan kuliah umum dan klinik konsultasi dengan melibatkan beberapa Perguruan Tinggi. Kali ini, Kuliah umum diselenggarakan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kuliah umum ini merupakan agenda ke-3 setelah  STKIP Pasuruan.

Agenda kuliah umum mengangkat tema “Kepercayaan bertransaksi kunci sukses pertumbuhan ekonomi”, sebagai upaya BPKN mengedukasi perlindungan konsumen dan mencoba memenuhi harapan konsumen dengan melakukan sosialisasi dan edukasi. Dengan harapan mahasiswa dapat aktif dan kritis dalam hal bertransaksi juga menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang  hak dan kewajiban konsumen atas produk barang / jasa yang dikonsumsi.

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM RANGKA HARKONAS DI UNIVERSITAS INDONESIA

Ardiansyah selaku Ketua BPKN menyampaikan, “perlindungan konsumen penting yaitu transaksinya artinya kepercayaan dalam bertransaksi "confidence to transact" menjaga agar kedua belah pihak memiliki keyakinan dalam bertransaksi yang dampaknya kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga pemerintah sebagai regulator yang membuat kebijakan bisa melindungi konsumen sehingga konsumen merasa negara hadir disini”.

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM RANGKA HARKONAS DI UNIVERSITAS INDONESIA

Veri Anggrijono selaku Dirjen PKTN Kementerian Perdagangan menyampaikan hal lain,”dalam hal pengawasan Pemerintah sebagai alat  untuk melakukan pengawasan dalam hal pelanggaran kasus perlindungan konsumen, juga masyarakat yang mempunyai kewenangan pengawasan di lingkungannya apabila menemui pelanggaran – pelanggaran konsumen serta pelaku usaha yang selalu berupaya menjalankan perlindungan konsumen. Hal – hal tersebutlah sebagai elemen dalam menegakan undang – undang perlindungan konsumen mencakup hak dan kewajiban konsumen”.

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM RANGKA HARKONAS DI UNIVERSITAS INDONESIA

Harapannya dalam rangka harkonas ini upaya edukasi perlindungan konsumen dilakukan bisa membuat mahasiswa meningkatkan pemahaman terkait hak dan kewajibannya sebagai konsumen dan merasa nyaman dalam bertransaksi atas barang/ jasa yang dikonsumsi , serta menambah Indeks Keberdayaan Konsumen dimana (IKK) tahun 2019 ini  41,7.

Sebagai tambahan,”Melalui KEPRES No.13 Tahun 2012, Pemerintah menetapkan bahwa tanggal 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional (HARKONAS), pada tahun ini Kemendag bekerjasama dengan BPKN dan Pemprov Jatim mengadakan Harkonas yang puncak acaranya pada tanggal 29-20 Maret di Lapangan Kodam Brawijaya V di Surabaya dan  saat ini BPKN sedang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dalam hal ini Dirjen PKTN untuk membangun Online Dispute Resolution (ODR) yang merupakan sistem informasi pengaduan konsumen nasional (SIPENA),” pungkas Arief Safari