• Home
  • Berita Foto
  • Media Briefing "Urgensi Perlindungan Konsumen Jasa Asuransi"

Media Briefing "Urgensi Perlindungan Konsumen Jasa Asuransi"

Media Briefing "Urgensi Perlindungan Konsumen Jasa Asuransi"

Jakarta- 3 Juli 2020, BPKN mengadakan Media Briefing Urgensi Perlindungan Konsumen Jasa Asuransi. Media Briefing kali ini  mengangkat tema tentang “ Urgensi Perlindungan Konsumen Jasa Asuransi" yang dihadiri yang dihadiri oleh rekan - rekan media yang berlangsung selama 2 jam melalui virtual webinar.


Hadir sebagai narasumber dalam webinar media briefing Ardiansyah Parman (Ketua BPKN), Arief Safari (Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN), dan Rizal E.Halim (Koordinator Komisi Advokasi BPKN)

Media Briefing "Urgensi Perlindungan Konsumen Jasa Asuransi"

 

"Mengawali tahun 2020 BPKN telah mengirimkan rekomendasi perihal Asuransi kepada Bapak Presiden dimana point yang disampaikan adalah terkait kepastian hukum yang memberikan perlindungan kepada konsumen/nasabah asuransi PT.Asuransi Jiwasraya dan Asuransi Jiwa bersama Bumiputera, sesuai dengan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen,memastikan OJK menyelenggarakan perandan fungsi pengawasan pada industri keuangan bank maupun non bank secara optimal,sehingga kasus sejenis tidak terulang dan memastikan aparat penegak hukum (Kepolisian RI, Kejaksaan Agung RI dan KPK RI)segera melakukan proses penegakan hukum apabila ditemukan  pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan mengedepankan pemulihan hak konsumen”, ujar Rizal dalam sesi webinar.

Hal lain ditambahkan Arief Safari dalam paparannya," Perlunya penyempurnaan pengaturan dan pengawasan UU Nomor 40 Tahun 2014 tentang perasuransian,dan juga lemahnya POJK Nomor69/POJK 05/2016 tentang penyelenggaraan  usaha perusahaan asuransi,perusahaan asuransi syariah,perusahaan asuransi reasuransi dan perusahaan reasuransi syariah menjadi catatan BPKN dalam FGD bulan lalu yang juga menghadirkan perwakilan dari OJK,tema ini kembali diangkat oleh BPKN sebagai upaya mencegah terjadinya insiden yang lebih besar. 

 

 

Media Briefing "Urgensi Perlindungan Konsumen Jasa Asuransi"

"Konsumen dalam hal ini sebagai pengguna jasa asuransi punya kewajiban yaitu wajib membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemangaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan, juga harus pintar dan teliti membaca dan menerima jenis asuransi atau investasi yang ditawarkan oleh pelaku usaha, pelaku usaha dalam hal ini perusahaan asuransi/ agen asuransi yang telah dipilih oleh konsumen artinya dipercaya dalam menyimpan uang dalam bentuk investasi atau asuransi harus memebrikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/jasa serta memberikan penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan, pemerintah dalam hal ini perlu melakukan pengawasan kegiatan usaha perasuransian yang dalam hal ini dilakukan oleh OJK, dan OJK harus mengupayakan terciptanya persaingan usaha yang sehat dibidang usaha perasuransian”, pungkas Ardianyah disela akhir sesi webinar media briefing.