• Home
  • Berita Foto
  • DIALOG INTERAKTIF BPKN-RI DENGAN RADIO PRO 1 RRI MATARAM

DIALOG INTERAKTIF BPKN-RI DENGAN RADIO PRO 1 RRI MATARAM

DIALOG INTERAKTIF BPKN-RI DENGAN  RADIO PRO 1 RRI MATARAM

Mataram, (9/04/2021) – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia kembali mengadakan Dialog Interaktif di Studio Programa I RRI Mataram untuk mensosialisasikan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Hadir sebagai narasumber dalam dialog tersebut  Ketua Komisi Publikasi dan Edukasi BPKN RI, Johan Efendi, M.Si dengan presenter Ahmad Yani. 

DIALOG INTERAKTIF BPKN-RI DENGAN  RADIO PRO 1 RRI MATARAM

Johan Efendi menjelaskan tentang fungsi utama BPKN RI yakni memberikan saran dan rekomendasi kepada pemerintah dalam rangka penyusunan kebijakan dibidang perlindungan konsumen. Selain itu, melakukan penelitian dan pengkajian terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dibidang perlindungan konsumen.

“Kami perlu jelaskan juga bahwa fungsi kami itu melakukan penelitian terhadap barang dan jasa yang menyangkut keselamatan konsumen, mendorong adanya LSM yang bergerak dibidang perlindungan konsumen maupun menerima pengaduan tentang permasalah konsumen,” jelas Johan.

DIALOG INTERAKTIF BPKN-RI DENGAN  RADIO PRO 1 RRI MATARAM

Johan juga mengingatkan kalangan publik tentang hak-haknya sebagai konsumen yang harus mendapat informasi yang jujur dan benar. Selain itu konsumen juga berhak  untuk memperoleh kenyamanan dan keamanan serta keselamatan dalam melakukan transaksi.

“Banyak hak-hak konsumen itu yang tertera dalam undang-undang tahun 1999, termasuk berhak mendapatkan perlindungan advokasi ketika terjadi masalah konsumen,” ungkapnya.

DIALOG INTERAKTIF BPKN-RI DENGAN  RADIO PRO 1 RRI MATARAM

“Melalui dialog ini saya juga ingin menyampaikan bahwa jadilah konsumen yang cerdas dengan teliti dulu sebelum membeli. Itu satu-satunya cara ampuh agar bisa terhindar dari masalah konsumen dengan pengusaha atau pedagang,” tutup Johan.

Disesi akhir dialog tersebut, BPKN-RI juga berkesempatan melakukan diskusi dengan Kepala RRI Mataram, Dra. Crisma Riny. (AY