BPKN-RI : Memperingati Hari Lahir BPKN RI Ke-22 Tahun

Jakarta - 20 Juli 2023. Sejarah Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2001 tentang Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI). Peraturan Pemerintah tersebut ditandatangani oleh Bapak Presiden Abdurrahman Wahid pada tanggal 21 Juli 2001 yang merupakan peraturan pelaksana dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karenanya tanggal 21 Juli diperingati sebagai Hari Lahir BPKN-RI. Peringatan Hari Lahir BPKN-RI ke-22 pada tahun 2023 mengusung tema “22 Tahun BPKN-RI Melindungi Konsumen”.

Selama 22 tahun berkiprah, BPKN-RI telah memberikan 263 rekomendasi kepada Kementerian/Lembaga, edukasi perlindungan konsumen ke berbagai perguruan tinggi dan kelompok masyarakat, menerima pengaduan konsumen dengan total 8.659 pengaduan, serta melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan mengikuti sidang-sidang dan pertemuan internasional terkait perlindungan konsumen.

Ketua BPKN-RI Rizal E. Halim menjelaskan, dalam memperingati Hari Lahir BPKNRI ke-22 terdapat beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya; bedah buku perlindungan konsumen, edukasi pelaku usaha dan konsumen di pasar modern dan pasar tradisional, pelatihan advokasi perlindungan konsumen dan advocacy talk, serta forum kelembagaan perlindungan konsumen. Dimana rangkaian acara tersebut sudah berjalan sejak awal bulan Juli 2023.

Rangkaian acara dimaksudkan agar masyarakat sebagai konsumen merasakan keberadaan serta peran Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia, melibatkan masyarakat luas untuk secara langsung dan aktif dalam rangkaian kegiatan, serta memperkuat ikatan antara BPKN-RI dan masyarakat/konsumen yang dilayani.

“Pada kesempatan yang baik ini, atas nama Anggota dan Pegawai BPKN-RI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap eksistensi keberadaan BPKN-RI. Diharapkan kedepan kelembagaan BPKN-RI menjadi lebih kuat dengan adanya partisipasi publik”, ucap Rizal.

BPKN-RI juga memohon maaf kepada masyarakat apabila selama ini masih terdapat kekurangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena keterbatasan fungsi dan tugasnya. Kedepannya secara konsisten akan terus meningkatkan komitmen kinerja melindungi konsumen sebagaimana dinamika perlindungan konsumen yang semakin meningkat.

Puncak acara Hari Lahir BPKN-RI ke-22 dilaksanakan pada hari jumat tanggal 21 Juli 2023 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta. BPKN-RI juga mengundang beberapa perwakilan kementerian/lembaga, pelaku usaha, asosiasi/stakeholders, media serta mantan anggota BPKN-RI. Dalam acara tersebut, BPKN-RI juga akan memberikan apresiasi terhadap mantan anggota/komisioner BPKN-RI yang telah memberikan sumbangsihnya dalam penguatan perlindungan konsumen di Indonesia.